Klaim Copyright Youtube Makin Aneh?

klaim hak cipta youtube atas video white noise

Situs berbagi video youtube sepertinya makin nggak karu-karuan! Bukan cuma kontennya aja yang sering memunculkan masalah – seperti yang baru-baru ini menimpa youtuber lokal (atas kasus squishy-nya) maupun yang dari luar (atas kasus mayat-nya).. tapi kebijakan-kebijakan youtubenya sendiri – yang notabene berjalan automatis atas dasar algoritma tertentu, kadang bikin kita heran!



Bukan Cuma Youtuber Yang Bikin Pusing.. Youtube-nya Juga!

Sebagai contoh, Baru-baru ini automatisasi Content ID dianggap telah “merugikan” seorang pengguna, yakni seorang musisi yang benama Sebastian Tomczak.
Jadi ceritanya, Tomczak mengunggah video white noise. Video ini memang umum ditemui di youtube, tapi struktur noise dan backsound audionya biasanya berbeda-beda. Nah.. uniknya, karena mengunggah video berdurasi 10 jam ini, Tomczak langsung diberi peringatan automatis oleh youtube bahwa kontennya terkena klaim hak cipta. Bukan hanya satu.. melainkan 5 klaim atas videonya! Padahal, dia mengaku bahwa video itu dia ambil dari generator secara random dan dia rekam sendiri..!

Dan menurut cerita yang sebelumnya dituturkan oleh youredm.com, si penggugat (entah yang mana – yang jelas satu dari 5 itu) tidak meminta Tomczak untuk menghapus videonya, melainkan memintanya untuk mengasosiasikan keuntungan iklan untuk video tersebut.
Tomczak nggak tinggal diam! Dia bilang bahwa dia akan memperdebatkan masalah itu. Ia mencurigai itu merupakan klaim palsu. Kepada BBC, dia berkata “Saya merekam white noise yang dihasilkan secara random oleh generator, dan saya orang pertama yang melakukannya (merekamnya), maka seharusnya saya dong pemilik hak ciptanya?!”

Ya.. ya.. ya..! Memang belakangan ini youtube sering berkelakuan aneh. Dan apesnya, keanehan itu kadang merugikan.

Baca Juga :  Katalog Digital Lippo Mall Ekalokasari
Pengalaman Pribadi

Saya sendiri belakangan ini mengalami satu-dua hal yang entah ini akal-akalan atau apa.. misalnya saya mengunggah video personal yang kemudian saya monetisasi. Tiba-tiba saya diberi tahu bahwa video saya “Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan”. Lalu saya dipersilahkan untuk mengajukan permintaan review.
Saya dua kali mengalami hal tersebut. Yang pertama, tidak ada syarat apapun untuk mengajukan permohonan review. Video saya pun langsung bisa dimonetize sehari setelah permohonan review itu terkirim. Tapi kali ini, youtube memberi tahu saya bahwa review baru bisa dilakukan kalau video saya sudah mencapai jumlah 1000 view dalam waktu 7 hari. Ini gila! Saya bukan youtuber..! Viewer saya nggak sebanyak itu kali!?!!

Tinggalkan Balasan